Entri Populer

Rabu, 31 Oktober 2012

tentang internet

Diposting oleh Unknown di 00.58
pastinya kita semua sudah tau apa itu yang dimaksud internet. Internet (international networking) merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, lewat proyek ARPA ini  yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi bisa dipindahkan, dan pada akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi ajang pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan utama dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada waktu itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer ke daerah-daerah vital untuk memecahkan masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh karena itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.pada mulanya internet itu hanya dikenal sebagai situs jaringan saja, tapi lama kelamaan internet sudah dipakai di seluruh penjuru dunia hingga sekarang. peran internet cukup besar bagi perkembangan, karena internet sendiri pun menambah wawasan kita sendiri untuk lebih maju dan lebih terbuka pada dunia luar. meskipun sekarang internet sering disalahgunakan fungsinya, tapi internet sangat bermanfaat untuk kita kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

martha fatwa Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos